Polres Bireuen Mendukung Perubahan melalui Program GDAD dalam Perang Melawan Narkotika

Bireuen – Peluncuran program penting yang bertujuan untuk memerangi peredaran narkotika di wilayah Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Program Grand Design Alternative Development (GDAD) BNN RI, yang dirancang khusus untuk mengganti tanaman narkotika dengan komoditi tanaman pangan, telah diresmikan dengan sukses. Sabtu 4 November 2023.

Sekitar 180 orang berkumpul di Lahan Jagung Desa Paseh, Kecamatan Juli, untuk menghadiri acara peluncuran program GDAD dengan tema “Akselerasi War on Drugs menuju Indonesia Bersinar.” Acara tersebut berlangsung dengan tertib dan penuh semangat.

Rangkaian acara tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk Dir Pemberdayaan Alternative BNN RI Brigjen Pol Drs. Edi Swarsono, M.M, Ka BNNP Aceh Brigjen Pol Rudy Ahmad Sudrajat, S.I.K, M.H, dan Dir Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI. Pj. Bupati Bireuen, yang diwakili oleh Asisten 2 Bupati Bireuen.

Proses peluncuran program GDAD ini mencakup pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, laporan dari Pok Tani terkait, serta sambutan dari para pejabat terkait. Acara diakhiri dengan penanaman jagung secara simbolis.

Kapolres Bireuen, AKBP Jatmiko S.H.,M.H., yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Bireuen Kompol Mukhtar S.H.,M.H., yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa program GDAD adalah langkah konkret dalam upaya pencegahan peredaran narkotika di wilayah Kabupaten Bireuen. Ia menekankan pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian, BNN, dan seluruh elemen masyarakat untuk mencapai tujuan bersama ini.

Program GDAD ini akan melibatkan empat desa di Kecamatan Juli, yaitu Desa Paseh, Juli Payaru, Glp. Meujimjim, dan Snb. Gunci, dengan total luas lahan mencapai sekitar 35 hektar. Tujuan dari program ini adalah mengurangi produksi dan peredaran tanaman narkotika jenis ganja di wilayah tersebut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kompol Mukhtar juga mengatakan bahwa program ini adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari narkotika dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Juli.

Program GDAD ini akan berlanjut secara berkelanjutan, dengan harapan dapat meminimalisir kegiatan petani ganja di wilayah Kabupaten Bireuen dan meningkatkan ketahanan pangan serta kesejahteraan masyarakat Kecamatan Juli.

Program GDAD ini menjadi salah satu upaya konkret dalam memerangi peredaran narkotika dan mendukung visi Indonesia yang lebih bersinar tanpa narkotika.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA POPULER

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA LAINNYA

BERITA TERKAIT