Kapolres Aceh Tengah Dampingi Tim Dokter BKSDA Prov Aceh Pemeriksaan Dan Nekropsi Thdp Satu Ekor Gajah Mati Di Karang Ampar.

Takengon – Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, SIK,MH., melalui Kasat Reskrim Iptu Andika Ardiansyah, S.Tr.K, Polres Aceh Tengah dampingi Tim Dokter BKSDA Prov Aceh dalam Pemeriksaan Dan Nekropsi (Pembedahan) terhadap Satu Ekor Gajah yang Mati Di Kampung Karang Ampar Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu 10 Juni 2023 Sore.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh, Nurdin Ketua tim dari PLG Saree, Drh. Riduan Petugas Nekroksi, Ahli Bedah Drh. Rika, Waddi PLG Saree, M.Yusuf CRU Pesangan, BKSDA Kabupaten Aceh Tengah, Kanit tipiter polres Aceh tengah Aipda Fauji Hakim dan anggota, Babinsa Serma Rudi Wahidi, Babinkamtibmas Bripka Iwan Pasdi, Reje Kp. Karang Ampar Saleh Kadri, Aparatur Kampung dan masyarakat.

Selanjutnya Satreskrim Unit Tipiter Polres Aceh Tengah bersama dengan tim dokter hewan dari BKSDA Prov Aceh melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan Nekropsi (pembedahan) terhadap gajah liar yang telah mati untuk mengambil beberapa sampel antara lain adalah, Lidah, Limpa, Ginjal, Paru-paru, Jantung, Hati, Isi lambung ( Cairan dalam lambung ), Usus, dan Peses.

Dari sempel yang diambil oleh Tim Dokter BKSDA Prov Aceh dibawa ke Banda Aceh untuk selanjutnya dikirim ke Laboratorium IPB Bogor untuk proses pemeriksaan penyebab dugaan kematian gajah liar betina tersebut.

Sedangkan untuk penanganan bangkai gajah dilakukan penutupan dengan tenda (terpal) sampai menunggu proses pembusukan.

Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan Nekropsi (pembedahan) gajah yang dilakukan oleh tim dokter Bksda Prov Aceh tersebut disaksikan oleh aparatur Kampung Karang Ampar, bhabinkamtias, Babinsa dan masyrakat.

Dody melalui Andika mengatakan akan terus melakukan penyelidikan, dan untuk Rencana tindak lanjut terkait pemeriksaan terhadap gajah liar yang telah mati, Menunggu hasil pemeriksaan sampel bangkai gajah dari laboratorium IPB Bogor untuk mengidentipikasi penyebab kematian gajah tersebut.

Kita akan terus Berkoordinasi dengan tim ahli dari BKSDA prov Aceh,” Pungkas Andika.

Untuk mengetahui hasil pemeriksaan laboratorium IPB Bogor terkait kematian gajah liar tersebut diperkirakan paling cepat 15 hari dan paling lambat 60 hari,” Ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA POPULER

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA LAINNYA

BERITA TERKAIT