Dirlantas Polda Aceh: Selamat Mudik Ceria bersama Keluarga, Kami Siap Jaga Keamanan

Banda Aceh — Dirlantas Polda Aceh Kombes M Iqbal Alqudusy, selaku Kasatgas Opsda Operasi Ketupat Seulawah 2024 menganjurkan wisatawan atau masyarakat yang ingin berlibur ke Sabang agar tidak menggunakan mobil pribadi.

Hal tersebut disampaikan Iqbal, mengingat antrean mobil yang ingin menyeberang ke Sabang via Pelabuhan Ulee Lheue sangat padat pada libur hari raya Idulfitri 1445 hijriah, Jumat, 12 April 2024.

Iqbal menyampaikan, berdasarkan data manifes dari tanggal 3—11 April tercatat sebanyak 10.003 orang telah menyeberang ke Sabang, sepeda motor 2.050 unit, dan mobil 580 unit.

Kata Iqbal, karena jumlah animo masyarakat dan wisatawan yang mau ke Sabang sangat tinggi, pihak Dishub juga merencanakan akan menambah trip kapal penyeberangan hingga 6—7 trip.

Uniknya lagi, sambung Iqbal, walaupun petugas di lapangan telah menganjurkan masyarakat untuk tidak membawa mobil pribadi ke Sabang serta lebih baik menggunakan kapal cepat, tetapi masyarakat malah menjawab dengan senang hati menunggu giliran naik kapal Roro meski harus bermalam di pelabuhan.

“Banyak kendaraan yang antre parkir dalam buffer zone untuk naik ke kapal Roro. Walaupun sudah dianjurkan naik kapal cepat, tetapi masyarakat lebih senang menunggu walaupun harus bermalam di pelabuhan. Yang penting sampai ke Sabang,” begitu, kata Iqbal.

Sebagai informasi, untuk menghindari kepadatan antrean dalam pelabuhan telah disiapkan lokasi parkir di dalam pelabuhan. Bila penuh, pihak pelabuhan juga telah menyiapkannya di luar pelabuhan.

*Siagakan 93 Personel untuk Amankan Pelabuhan Ulee Lheue*

M Iqbal Alqudusy juga menyampaikan telah menyiagakan 93 personel untuk mengamankan dan menjaga kelancaran mobilitas masyarakat di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh.

Jumlah tersebut ditempatkan di Pos Terpadu Pelabuhan Ulee Lheue 33 personel untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun penumpang baik yang masuk maupun keluar dari pelabuhan serta memberikan imbauan kepada masyarakat yang akan menyeberang ke Kota Sabang agar menitipkan kendaraannya di tempat yang sudah disiapkan oleh pihak pelabuhan.

Kemudian, sebanyak 28 personel ditugaskan untuk melaksanakan pengaturan jalan. Mereka akan mengarahkan para penumpang yang akan masuk ke pelabuhan dan yang keluar dari pelabuhan, serta masyarakat yang akan menitipkan kendaraannya selama melakukan kegiatan liburan di Kota Sabang.

kata Iqbal lagi, pihaknya juga menyiagakan 32 personel untuk patroli serta mengurai kendaraan penumpang secara masif di jalur masuk dan keluar pelabuhan, sehingga tidak menyebabkan kemacetan dan antrean panjang.

Terakhir, Iqbal berpesan agar tetap menjaga kehati-hatian selama perjalanan baik selama di jalan maupun menjaga keamanan barangnya masing masing.

“Silahkan menikmati mudik dengan ceria, kami aparat keamanan dan stakeholder siap menjaga keamanan dan kelancarannya,” tutup Iqbal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA POPULER

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA LAINNYA

BERITA TERKAIT