Respon Cepat Polsek Bintang Sinergi Dengan Kormail 04 Dan Damkar Datangi Lokasi Karhutla

Takengon – Kapolsek Bintang Polres Aceh Tengah Iptu Karya beserta Personel, bersama TNI Koramil 04, Bapak Camat dan Warga masyarakat berusaha melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar, berlokasi di Dsn.Teluk Nangka Atu Telak Kampung Kala Bintang Kec.Bintang Kab. Aceh Tengah, Jumat (2/6/23) pukul 18.30 Wib.

Setelah mendapatkan informasi dari warga masyarkat, Polsek Bintang langsung menghubungi Unit Damkar, Personel respon cepat langsung menuju titik lokasi kebakaran.

Kapolsek Iptu Karya yang memimpin langsung menuju kelokasi kebakaran, mengatakan mobil Damkar tidak dapat menjangkau lokasi kebakaran, karna lokasi berada di atas lereng perbukitan, dan tidak adanya akses,” Ujar Kapolsek.

“Sulitnya jangkauan ke sumber titik api mengingat medan yang sangat terjal, dan curam karena berada dilereng perbukitan, sehingga api sangat cepat merambat dikarenakan lahan ditumbuhi rerumputan dan pohon pinus yang mudah terbakar, ” Terang Iptu Karya.

“Lanjut Kapolsek, dengan menggunakan alat seadanya, Personel Polsek bahu membahu dengan masyarakat melakukan pemadaman, alhasil pukul 20.30 Wib, apipun berhasil dipadamkan,” Pungkas Kapolsek.

“Kata Kapolsek Iptu Karya, Lahan yang terbakar seluas lebih kurang 1 (satu) Hektar, merupakan tanah adat (lahan tidur) milik Kp.Kala Bintang,” Ujarnya.

Kapolres Aceh Tengah melalui Kapolsek Bintang Iptu Karya dan jajarannya terus mengimbau warga, agar tidak membakar hutan dan lahan dengan sembarangan, atau melakukan tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran, apabila dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan, akan di pidana dengan UU No: 32 Tahun 2009, Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan Ancaman penjara/Kurungan 10 tahun dan Denda 10 MilyarMilyar, “tegas Ipda Musmulyadi.

“Selain itu menghimbau seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati saat beraktifitas saat musim kemarau ini, karena puntung rokok, bekas korek api, dan api kecil bisa saja menjadi penyebab kebakaran hutan lahan” imbau Kapolsek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA POPULER

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA LAINNYA

BERITA TERKAIT